Strategi Internal Audit dukung Pencapaian Target Pertamina 2018

MONITOR, Jakarta - Chief Audit Executive Pertamina Internal Audit (PIA) Faisal Yusra mengatakan seluruh aktivitas Pertamina Interal Audit (PIA) wajib berlandakan perencanaan strategis demi mendukung target korporasi (Pertamina) khususnya di tahun 2018.

"Seluruh aktivitas PIA wajib berlandaskan kepada key initiatives strategic plan. Kemudian, audit plan dapat disusun dengan semangat simplified, powerful, & integrated," ujar Faisal dalam acara New Year Message from Chief Audit Executive (CAE) Pertamina di Ruang Serbaguna, Wisma Tugu (08/01/2018).

Menurutnya, PURE (Powerful, United, Respected, Energized) sebagai value baru harus dibumikan dalam membangun eksistensi baru PIA di masa mendatang.

"Selain itu, kode etik PIA harus dipahami tanpa multi tafsir," tegasnya.

Mengingat Pertamina merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kompleksitas tinggi, Faisal mengingatkan agar independensi insan PIA kuat dengan CAE bertanggung jawab penuh menyusun organisasi/Nomenklatur, penetapan pemegang jabatan dan program pembinaan PIA termasuk anak perusahaan. Salah satu tolak ukur keberhasilan yang baru saat ini ialah seberapa besar frekuensi temuan yang bersifat repeatable dan replicable.

Dengan implementasi tersebut, PIA siap mendukung target pencapaian Pertamina tahun 2018. Selain itu setiap kebijakan yang diambil disesuaikan dengan Memorandum No. 526/C00000/2017-SO 29 Desember 2017, mengenai kebijakan direksi tentang Pertamina Internal Audit.

"Memorandum tersebut menjadi landasan bahwa PIA memiliki power yang dapat mendukung target Pertamina tahun 2018. Auditor jaman now, harus punya 2 hal, berani dan berintegritas. Orang baik dan jujur banyak, tapi yang memiliki integritas sedikit. Integritas itu jujur dan berani, tidak hanya jujur," tutupnya.

(jml)

Terpopuler