Terapkan Pradigma Baru, Ini yang Ingin Dicapai Dirut LPDB-UMKM di 2018

Direktur utama LPDB-KUMKM Kemenkop UKM, Braman Setyo saat konferensi pers Capaian Kinerja 2017 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Guna mencapai target kinerja yang maksimal pada 2018 ini, pradigma baru digulirkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Hal itu dilakukan  dengan tujuan memperbaiki layanan pengelolaan dana bergulir. Kunci tujuan pradigma baru tersebut tertuang dalam Trisukses LPDB-KUMKM yakni sukses penyaluran, sukses pemanfaatan, dan sukses pengembalian.

"Untuk mewujudkan Trisukses tersebut, LPDB-KUMKM akan bertransformasi menjadi sebuah lembaga pembiayaan yang inklusif dan berbasis teknologi," kata Direktur utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo, di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Rabu (10/1).
 
Menurut Braman Setyo,  Inklusif yang dimaksud adalah membuka akses dan layanan informasi Koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia dengan standar mutu pelayanan yang berkualitas, cepat, murah dan berbasis teknologi informasi.

LPDB-KUMKM, tutur Braman Setyo, akan terbuka dalam menjalin kerja sama dengan stakeholder seperti Dinas Koperasi dan UMKM,  lembaga penjaminan, asosiasi, perusahaan Financial Technology (Fintech) dan lembaga pemerintah lainnya dalam membuka akses dan layanan sumber pembiayaan Koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia.

Untuk pradigma baru pembenahan manajemen dalam mencapai target 2018, Dirut LPDB-KUMKM dan jajaran direksinya berencana akan membentuk tim khusus.

Tim khusus nantinya bekerja dalam rangka mewujudkan implementasi tata kelola lembaga guna meningkatkan standar mutu pelayanan dengan melakukan beberapa perbaikan, diantaranya perbaikan SOP, perbaikan infrastruktur layanan, perbaikan infrastruktur IT, dan perbaikan SDM. 

Dengan pradigma baru dan manajemen baru, Braman Setyo optimitis capaian target LPDB-KUMKM di tahun 2018 ini akan lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya.

"Beberapa capaian positif pada tahun 2017 akan kami pertahankan, sedangkan masukan yang kami terima dari survey, akan kami perbaiki dalam kemasan paradigma baru LPDB-KUMKM," pungkas Braman Setyo yang juga menuturkan pernah menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UKM di daerah.

(azn)

Terpopuler