Sering Terpapar AC? Hati-hati Terkena Dampak Buruk Ini

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR - Pendingin ruangan yang bernama AC ini kebanyakan sering dipasang diruangan kerja, kamar tidur, dan kelas sebagai alat pendingin ruangan agar tidak kepanasan, tapi terlalu sering terpapar AC bisa memunculkan banyak bahaya kesehatan dilansir aryadi.id seorang ahli syaraf di Rumah Sakit International Bintaro Dr. Wendra Ali. Sp.Smengatakan, bahwasannya AC dapat membuat tubuh kita mengalami kekurangan air dan menyebabkan hiportemia. Dan bahkan dampak terburuknya dapat mengakibatkan kematian. Hal Tersebut di sebabkan karena adanya tingkat kejenuhan dari konsentrasi karbondioksida serta menurunnya tingkat oksigen di dalam tubuh.

Pada tahun 2003-2005, tercatat sebanyak 20 kasus kematian yang di sebabkan karena lama terpajan suhu AC, terutama terjadi pada saat tidur. Meski dari tinjauan medis masih menduga adanya faktor lain, namun tidak bisa di tampik  bahwasannya faktor penggunaan AC pun juga turut mempengaruhi. Dan apabila di jabarkan dari berbagai sumber, bahaya penggunaan AC yang kemungkinan dapat terjadi sangatlah banyak.Berikut informasi selengkapnya seputar bahaya AC yang sangat berdampak bagi kesehatan. 

1. Mudah lelah

Bagi anda yang sering berada di ruangan ber AC, anda mungkin akan mengalami sering kelelahan. Mengapa? Hal tersebut di karenakan saat kita berada di ruangan bera AC kita kurang menghirup udara yang segar. Bahkan pada beberapa orang, berada di ruangan ber AC terlalu lama juga dapat menyebabkan rasa mual, gangguan syaraf yang juga di sertai sakit kepala hingga gejala depresi.

2. Kulit menjadi kering dan sensitif

Menghabiskan waktu selama berjam-jam di ruangan ber AC nyatanya dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada selaput lendir. Dan bahkan kulit juga bisa kehilangan kelembaban alaminya, yang menyebabkan kulit mejadi kering dan juga sensitif. 

3. Kelumpuhan pada wajah

Penyakit Bell's palsy atau Kelumpuhan pada wajah dapat terjadi karena pengaruh AC, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada syaraf wajah. Kelumpuhan yang terjadi tidak hanya pada sebagian wajah melainkan juga dapat terjadi pada seluruh bagian wajah kita.  Gejala kondisi ini hampir mirip dengan gejala strok ringan, yang diantaranya seperti mata terasa pedih jika tekena air, susah berkumur, berbicara seperti pelo, mulut miring, fungsi lidah mulai berkurang dan lainnya.  Kondisi umumnya di derita oleh anak usia remaja dan juga dewasa. Meski pada dasarnya kelumpuhan wajah ini di sebabkan oleh infieksi virus, namun udara, angin terlebih AC turut membantu dalam penyebaran penyakit menular ini. Maka, alangkah baiknya jika anda sering membersihkan AC.

4. Penyakit Legionnaire

Adalah jenis penyakit peumonia yang di sebabkan oleh bakteri legionella pneumophila. Kondisi adalah masalah kesehatan utama yang terkait dengan AC. Hal tersebut di karenakan air hangat yang di temukan dalam sistem AC sntral (terutama AC yang di gunakan di Rumah Sakit dan juga hotel) dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Gejala yang paling umum terjadi dari kondisi ini adalah batuk, nyeri tubuh, menggigil, kelelahan, demam tinggi dan sakit kepala. Jika tidak dapat di obati secara tepat maka kondisi ini dapat membahayakan keselamatan jiwa.

5. Tortikolis

Adalah kondisi dimana leher terasa sakit saat menoleh  ke salah satu sisi antara kanan dan kiri. Dan jika kondisi ini di paksakan maka akan terasa nyeri hebat seolah kesetrum. Dan salah satu yang memicu kondisi leher tengeng ini adalah tidur dalam kondisi dingin terutama dengan menggunakan pendingin ruangan AC.

6. Frozen shoulder

Adalah kondisi di mana bahu beku dan akan merasa nyeri di bagian bahu sampai lengan. Kondisi ni umumnya timbul saat bangun di pagi hari dan di sebabkan karena tidur dalam kondisi ruangan yang terlalu dingin akibat bahaya AC.

7. Carpal Tunnel Syndrom (CTS)

Gejala dari kondisi ini adalah kesemutan dan rasa nyeri pada tangan terlebih jari-jari tangan. Meski kondisi ini di sebabkan adanya pmbengkakan syaraf pada tangan namun, kondisi ini bisa lebih parah jika terpapar pada ruangan Ber AC terlalu dingin.

8. Sesak Napas

Perlu anda ketahui bahwasannya Air Conditioning ini memiliki zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida, yang mana kedua zat kimia tersebut adalah pemicu penyakit pernapasan seperti asma.

9. Gangguan pada sistem reproduksi reproduksi

Tak hanya berbahaya bagi sistem pernapasan, AC juga nyatanya dapat menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi. Hal tersebut di karenakan AC mengandung senyawa phthalates, yang mana merupakan asam phalatic. Dan jika zat ini bersentuhan dengan tubuh dalam waktu yang cukup lama maka dapat memicu terjadinya masalah pada sistem reproduksi kita.

10. Gangguan pada kehamilan

Tak hanya memicu gangguan pada sistem reproduksi, senyawa phthalates yang terkandung dalam AC pun nyatanya dapat berdampak pada janin dalam kandungan dan berpotensi lahir cacat.

11. Gangguan pada mata

Beberapa ahli menemukan beberapa bahaya AC bagi kesehatan mata kita. Resiko terkena gangguan konjungtivis dan blefaritis akan semakin tinggi jika kita terlalu lama berada di ruangan ber AC.

12. Menurunkan tingkat kekebalan tubuh

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya sel-sel minum tubuh kita akan berperan aktif dalam kondisi udara yang lembab. Namun sangat di sayangkan, AC yang memiliki humfilder justru membuat udara kering. Dan kondisi ini tentunya dapat mengancam pertahanan kekebalan tubuh kita.

13. Ancaman tertular penyakit

Minimnya sirkulasi udara yang terdapat pada ruangan ber AC dapat menyebabkan potensi penularan virus, bakteri dan sumber penyakit lainnya antara orang yang satu dengan yang lainnya yang sama berada ruangan tersebut semakin tinggi.

14. Terjangkit flu dan pilek

Sama halnya dengan bahaya akibat kipas angin, Dr. Gauri dari Hinduja Hospitalmengungkap bahwasannya AC melakukan pendinginan melalui proses penguapan sehingga akan mengeringkan selaput lendir yang berada di hidung  dan juga mulut seseorang. Sehingga seseorang yang belum terbiasa terpajan suhu ruangan ber AC dalam waktu yang lama sangat mudah terjangkit penyakit flu dan pilek.

15. Nyeri sendi dan otot

Pada suatu penelitian menyebutkan bahwasannya suhu AC yang terlalu dingin dapat dapat mempengaruhi viscositas dari joint fluids. Bahkan tingkat suhu yang ekstrim ini dapat mempengaruhi cairan lubrikasi di dalam sendi-sendi menjadi berkurang. Dan kondisi tersebutlah yang menyebabkan persendian kita menjadi mudah nyeri pada saat berada di ruangan ber-AC.

16. Penambahan berat badan

Fakta yang jarang di ketahui orang ini, ternyata dapat mempengaruhi program dietanda. Loh kok bisa? ya hal tersebut di karenakan jika kita terlalu lama berada di ruangan ber AC maka dapat menyebabkan penurunan metabolisme di dalam tubuh yang menyebabkan pembakaran kalori kita kian melambat bahkan sampai behenti. Terlebih jika kita mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalori, hal tersebut hanya akan menambah berat badan kita.

 Adapun beberapa cara untuk meminimalkan dampak buruk tersebut dapat anda lakukan dengan menggunakan AC yang bebas dari CFC atau freon, membersihkan AC secara teratur, menyimpan tanaman in door dalam ruangan, perbanyak mengonsumsi air putih, menjaga kebersihan, menggunakan krim untuk menjaga kelemababan kulit dan tajin melakukan aktivitas fisik.

(SKW)

Terpopuler