Sabtu, 20 April, 2024

LHKP Muhammadiyah Jakarta Gelar Kelas Politik Ibukota

MONITOR, Jakarta – Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jakarta menyelenggarakan Kelas Politik Ibukota seri perdana. Kegiatan ini digelar Kamis, 11 Januari 2018 di kampus STIE Muhammadiyah Jakarta jalan Minangkabau, Jakarta Selatan.

Ketua LHKP Muhammadiyah Jakarta, Syahrul Hasan, mengatakan Kelas Politik Ibukota akan diselenggarakan secara berseri dengan mengundang tokoh-tokoh Nasional dan Tokoh-tokoh Ibukota. Adapun seri perdana ini, dihadiri lebih dari 150 orang peserta yang dibekali pengetahuan tentang pendidikan politik kepemiluan dengan menghadirkan Komisioner KPU RI, Pramono U Tanthowi, MA dan Kornas Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Sunanto. 

Ia menjelaskan, target yang ingin dicapai adalah memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman dalam menyiapkan Diaspora kader politik baik di partai politik untuk di DPRD Prov DKI Jakarta maupun DPR RI. Selain itu juga, memperkuat representasi kader Muhammadiyah di DPD RI maupun di jajaran eksekutif sehingga semua bisa sinergis dengan politik keumatan Muhammadiyah.  

"Kelas Politik ini merespon penyelenggaraan pileg dan pilpres 2019 untuk menyiapkan kader-kader terbaik Muhammadiyah untuk menduduki jabatan-jabatan publik baik di eksekutif dan legislatif," ujarnya.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua PWM DKI Jakarta, Prof Dr H Agus Suradika menyampaikan pentingnya kesepahaman warga Muhammadiyah terhadap partisipasi politik. Meski Muhammadiyah bukan organisasi politik dan sesuai khitahnya menjaga jarak yang sama dengan semua parpol, tapi kadernya harus berperan aktif di semua lini baik parpol, legislatif dan eksekutif. 

"Sehingga bisa menghasilkan kebijakan yang menguntungkan dan sejalan dengan misi dakwah Muhammadiyah," ujar Agus yang kini menjabat Asisten Deputi Gubernur Bidang Budaya.

Sekadar informasi, acara yang dimoderatori langsung oleh Sekretaris LHKP Muhammadiyah Jakarta Djoni Gunanto, M.Si, ini tampak ramai oleh antusiasme peserta. Peserta mengapresiasi program kelas politik itu. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua PWM Dki Jkt, KH Sun'an Miskan, Lc dan jajaran pengurus yang lain, PDM dan Ortom Se DKI Jakarta. Kelas Politik Ibukota dibuka langsung oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan, Bapak Arifin, M.Ap.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER