Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR, Jakarta - Kopi kini tengah menjadi primadona sebagai minuman. Kopi bahkan sudah dibudidayakan oleh 50 negara dan salah satu komoditas di dunia. Meminum kopi sesuai takaran dan kosumsi perharinya ternyata banyak manfatnya bagi tubuh kita lho.

Dilansir nicois.me berikut adalah beberapa efek positif dari kopi bagi tubuh.

1. Kopi mengurangi risiko terkena Diabetes

Gambar terkait
Dalam review 9 penelitian yang dilakukan di tahun 2005, para peneliti menemukan bahwa konsumsi 4 hingga 6 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga hampir 30 persen dibandingkan mereka yang hanya minum 2 gelas atau kurang. Hasil yang hampir sama diperoleh dari penelitian yang menggunakan kopi berkafein maupun dekafein (rendah kafein). Namun, tentu saja hasil ini didapatkan dari mereka yang mengkonsumsi kopi tanpa gula dan krimer.

2. Kopi dapat menangkal radikal bebas

Gambar terkait
Biji kopi mengandung lebih dari 1.000 substansi bernama phytochemical yang terbentuk secara alami dan dapat membantu melawan serangan penyakit. Beberapa di antaranya merupakan antioksidan yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Prof. Dr. Ir. Deddy Muchtadi, MS, juga pernah mengatakan bahwa kandungan antioksidan polifenol dalam kopi bahkan lebih banyak daripada teh. Polifenol ini dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel tubuh menua. Antioksidan juga dapat mencegah kerusakan otak dan mengurangi risiko terkena penyakit degeneratif. Di antaranya seperti alzheimer, parkinson, serta dementia.

3. Kopi meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif

Gambar terkait
Beberapa penelitian melaporkan bahwa relawan yang minum kopi berkafein di pagi hari memiliki performa lebih baik daripada mereka yang tidak meminumnya. Beberapa tes dilakukan termasuk tes untuk mempelajari informasi baru. Kopi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif saat kita menua. Josep M. Serra Grabulosa, peneliti dari Department of Psychiatry and Clinical Psychobiology di Universidad de Barcelona mengungkap bahwa kombinasi kopi dan makanan manis akan memiliki pengaruh lebih besar. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan efisiensi area otak yang bertanggungjawab atas fungsi kognitif dan daya ingat.

(SKW)

Terpopuler