Kamis, 28 Maret, 2024

KKP Berhasil Selesaikan Program Pugar 2017

MONITOR, Jakarta – Pada tahun 2017 Kementerian Kelautan dan Pembangunan (KKP) telah berhasil menyelesaikan pembangunan sebanyak enam gudang garam untuk menyimpan komoditas garam hasil produksi rakyat.

"Pembangunan enam gudang garam di enam lokasi telah diselesaikan," kata Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti Poerwadi dalam rilis persnya, Minggu (14/1).

KKP juga telah melaksanakan program prioritas 2017 termasuk pendataan garam nasional dan program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) di 15 lokasi.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2017, enam gudang dibangun di sejumlah lokasi  menambah dari enam gudang yang dibangun pada tahun 2016.

- Advertisement -

Keenam gudang untuk komoditas garam yang dibangun pada tahun 2017 antara lain terletak di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Brebes, Demak, dan Rembang.

Selain itu, gudang baru lainnya yang juga dibangun pada tahun yang sama adalah di Sampang dan Tuban yang terletak di Jawa Timur, serta  Kupang di NTT.

Sedangkan pada 2016, gudang untuk produksi garam rakyat telah terbangun di Cirebon dan Indramayu Jawa Barat, Pati di Jawa Tengah, Pamekasan di Jawa Timur, Bima di NTB, dan Pangkep di Sulsel.

Berbagai gudang yang dibangun itu menggunakan Standardisasi Nasional Indonesia (SNI), serta anggaran yang dialokasikan untuk membangun gudang berkapasitas sekitar 2.000 ton bisa mencapai sekitar Rp 2 miliar per gudang.

Selain enam gudang yang telah menggunakan sistem resi gudang tersebut, juga telah terbangun 10.385 meter jalan produksi dan tersalurkannya 489 ribu meter persegi geo-membran di 14 kabupaten/kota.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan akan menambah lahan garam seluas 3.945 hektare untuk mewujudkan swasembada garam konsumsi nasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER